All About Food Indonesia

Aneka Resep dan Ulasan Restoran di Indonesia oleh All About Food Blog

Wisata Kuliner Solo | Makan apa ya di Solo?

Pada kesempatan kali ini, kami berlibur ke kota Solo untuk menghadiri acara reuni keluarga besar dari bapak saya. Resensi kali ini mungkin agak berbeda karena tuan rumah di Solo sudah mendatangkan hidangan special kota Solo ke rumahnya.

Buat yang belum pernah mengunjungi kota ini, mungkin artikel ini dapat membantu anda untuk menentukan pilihan “Makan apa ya di Solo?”

Wisata Kuliner Solo

Tengkleng

Tengkleng merupakan salah satu hidangan asli Solo. Hidangan ini menyerupai gulai kambing lengkap dengan jerohannya.

Tengkleng yang kami makan berasal dari Warung Tengkleng  Mbak Diah – Tanjung Anom, Sukoharjo – 0271 644069

Wisata Kuliner Solo - Tengkleng

Bebek Remuk H Slamet

Secara penampakan, bebek remuk memang terlihat kurang menarik… karena ya memang sudah remuk (yang arti dalam Bahasa Indonesia-nya adalah hancur).

Cukup banyak cabang rumah makan bebek remuk pak Slamet tersebar di penjuru kota Solo.

Wisata Kuliner Solo - Bebek Remuk

Soto Gading

Soto di kota Solo lebih menyerupai sop yang bening. Buat saya, salah satu daya tarik di Rumah Makan Gading II yang terletak Jl Veteran adalah camilan yang tersaji di meja dan teh manisnya.

Oh iya, jangan lupa untuk menghitung sendiri berapa banyak camilan yang anda makan, karena kejujuran anda akan di tes disini!

Shi Jack

Salah satu fenomena yang paling menarik menurut saya di kota Solo. Masyarakat Solo menggemari cangkruk sambal minum susu di malam hari! Hal ini dibuktikan dengan banyaknya warung Shi Jack di kota Solo. Saya sempat mengunjungi cabangnya di Depan Lapangan Kota Barat. Selain susu, mereka juga menyediakan camilan-camilan seperti sate telur.

Apalagi yang terdapat di Wisata Kuliner Solo ini?

Pasar Gede + Dawet Selasih

Salah satu pengalaman yang paling berkesan di Solo adalah ketika kami blusukan di Pasar Gede Solo. Selain hal-hal yang sering kita jumpai di pasar, di Pasar Gede juga terdapat bagian yang menjual obat-obatan tradisional. Kami juga sempat mencicipi Dawet Selasih Bu Watik karena lokasinya yang bersebelahan dengan tempat tante-tante saya membeli ayam goreng (yang digoreng ¾ matang) untuk dibuat oleh-oleh.

Srabi Notosuman

Srabi notosuman merupakan salah satu makanan favorit saya… manis hangat dan empuk! Kalau ga hati-hati, bisa habis satu kotak!

Wisata Kuliner Solo - Srabi Notosuman

Nasi Liwet

Nasi liwet di kota Solo sudah seperti batagor di Bandung… banyak tersedia di pelosok kota. Sayangnya saya hanya sempat mencicipi nasi liwet yang disajikan sewaktu ada acara di Hotel Paragon Solo.

Wisata Kuliner Solo - Nasi Liwet

Lain-lain

Sebenarnya masih banyak lagi yang saya coba di acara tersebut, tetapi tidak sempat foto satu per satu, diantaranya: Nasil Liwet mbak Yanti, Gudeg mbak Yati, Ayam Sukoharjo mbak Yuli, sate ayam pak Tukri Ponorogo, Selat Solo dan Gempol Pleret.

Kota Solo

Solo, atau yang secara resmi disebut Surakarta, terletak di sebelah Timur kota Yogyakarta. Selain makanannya, Solo juga terkenal dengan Keraton Kasunanan dan Batik Solo-nya.

Solo juga merupakan tempat kelahiran dan kediaman pembalap F1 pertama Indonesia, Rio Haryanto.

Leave A Comment

Your email address will not be published.