All About Food Indonesia

Aneka Resep dan Ulasan Restoran di Indonesia oleh All About Food Blog

Wisata Kuliner Bandung | Makan apa ya di Bandung?

Beberapa tahun terakhir ini, kami mereview beberapa restoran ‘besar’ di Bandung. Kali ini, kami ingin menuliskan tentang makanan khas kota Bandung. Memang makanan tersebut banyak tersebar di mall-mall atau plaza besar di Bandung, tetapi kalo mau yang benar-benar disukai sama orang Bandung kita harus ‘hunting‘ terlebih dahulu.

Wisata Kuliner Bandung

Batagor

Kalau berbicara masalah kuliner di kota Bandung, yang pertama disebut pasti Batagor, atau baso tahu goreng. Batagor biasanya disajikan dengan saos kacang pedas dan kecap manis. Ada dua tempat batagor yang terkenal di Bandung: Batagor Abuy dan Batagor Kingsley. Kami sebenarnya lebih suka batagor abuy. Tetapi kalau dibuat oleh-oleh, rasanya batagor kingsley bisa lebih tahan lama.

Batagor kingsley terletak di jalan Veteran 10.

Batagor Kingsley - Wisata Kuliner Bandung

Mie Yamin

Agak kurang jelas bagaimana mie ayam di Bandung disebut sebagai Mie Yamin. Kami menemukan tulisan yang menarik tentang asal usul kata Yamin di Jakarta. Salah satu tempat mie yamin yang terkenal di Bandung adalah Mie Yamin Linggarjati di jalan Balonggede. Selain mie nya, Linggarjati juga terkenal dengan jus alpukat yang enak sekali!

Kami sebenarnya tidak datang ke restoran Linggarjati karena lumayan jauh. Kami menggunakan fasilitas gojek yang lumayan murah buat sarana delivery makanan.

Yamin Manis Linggar Jati

Cireng Bumbu

Mungkin cireng bumbu termasuk salah satu makanan yang paling umum (anda bisa beli dimana aja dan rasanya bakal mirip-mirip). Cireng bumbu banyak dijual disekitar restoran atau warung-warung. Harganya juga lumayan murah.

Cireng Bumbu

Apalagi yang terdapat di Wisata Kuliner Bandung ini?

Makanan berikut ini mungkin juga tersedia di luar kota Bandung. Tetapi saya akan menceritakan bedanya makanan tersebut di kota Bandung.

Yoghurt Cisangkuy

Yoghurt Cisangkuy sudah ada di Bandung sejak… (lama banget) 🙂 Mungkin hampir semua orang Bandung tahu nama Yoghurt Cisangkuy ini. Mereka juga menyediakan banyak alternatif rasa yoghurt dan beberapa snack ringan.

Yoghurt Cisangkuy

Sate Ayam depan Lavie

Lavie adalah nama toko perlengkapan ibu dan anak di jalan Imam Bonjol, Bandung. Buat bapak-bapak atau adik-adik yang sedang menunggu istri / ibu belanja disana, warung sate ini cocok buat nongkrong.

Saya sangat suka sate ayam a la Bandung karena mereka menyajikan sate lemak. Yep… satu tusuk sate yang isinya hanya lemak! Lumayan ga sehat, tapi kalo ga makan kebanyakan rasanya asyik banget!

Sate Ayam Lavie

Bubur Sumsum a la Bandung

Kami beli bubur sumsum a la Bandung ini dari abang yang jualan di sekitar kompleks perumahan. Perbedaan paling mencolok disini adalah penggunaan delima di dalam buburnya.

Bubur Sumsum

Kopi dari cafe The Good Life

Cafe ini mungkin masih tergolong ‘baru’, tetapi wisata kuliner ini kurang lengkap rasanya kalau belum menyebutkan tempat ngopi yang enak di Bandung. Terletak di jalan Anggrek 15, cafe ini hampir ga keliatan dari luar. Tetapi, yang paling penting adalah rasa kopinya, mantab banget!

The Good Life Coffee

Sebenarnya, masih banyak lagi makanan khas kota Bandung yang bisa kita coba, diantaranya: Peuyeum, Surabi, Seblak dan Bajigur. Tetapi, waktu kami di Bandung tidak banyak untuk mencoba semuanya… mungkin di kemudian hari kami bisa menyambungnya.

Kota Bandung

Kota Bandung terletak di sebelah Tenggara kota Jakarta dan dapat dicapai dengan hanya beberapa jam saja melalui jalan darat (tergantung macetnya). Bandung merupakan kota dengan penduduk terbanyak ketiga di Indonesia. Meskipun jumlah penduduk masih di bawah kota Surabaya, tingkat kepadatan penduduknya hampir menyamai kota Jakarta.

Kalau mau jalan-jalan di Bandung lebih mending hari biasa daripada weekend, karena macetnya… ya, begitulah!

 

1 Discussion on “Wisata Kuliner Bandung | Makan apa ya di Bandung?”

Leave A Comment

Your email address will not be published.